Rabu, 04 Januari 2012

Menjadi Guru di pelosok Indonesia



BILA SAYA DIKIRIM MENJADI GURU DI PELOSOK INDONESIA


seperti yang kita ketahui bahwa pendidikan yang ada di Indonesia belum memadai untuk sampai ke pelosok negeri ini yang sangat luas
Apabila saya ditugaskan menjadi seorang guru di pelosok Indonesia saya akan memilih Kalimantan. Kalimantan merupakan pulau yang besar.di Kalimantan sendiri banyak sekali daerah yang belum terjangkau.oleh Karena itu saya ingin sekali mencoba mengajar di kecamatan batulicin, kabupaten tanah bumbu. Di daerah ini masih banyak sekali masyarakat yang belum bisa baca.
v Keadaan Geografis
Secara geografis Kabupaten Tanah Bumbu terletak di antara: 2o52’ – 3o47’ Lintang Selatandan115o15’–116o04’BujurTimur.
Kabupaten Tanah Bumbu adalah salah satu kabupaten dari 13 (tiga belas) kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan yang terletak persis di ujung tenggara Pulau Kalimantan.
Batulicin merupakan salah satu "hub" penting dalam proses pengiriman batu bara dari Kalimantan Selatan ke berbagai penjuru tanah air danjuganegara-negarainternasional.
Wilayahnya berbatasan dengan :
·         Kabupaten Kotabaru di sebelah utara dan timur.
·         Laut Jawa di sebelah selatan.
·         Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Laut di sebelah barat.
Kabupaten yang beribukota di Batulicin ini memiliki 10 (sepuluh) Kecamatan yaitu Kecamatan Kusan Hilir, Sungai Loban, Satui, Kusan Hulu, Batulicin, Karang Bintang, Simpang Empat, Mantewe, Kuranji dan Angsana. Lima Kecamatan yang terakhir disebutkan adalah kecamatan hasil pemekaran pada pertengahan 2005 lalu.
Kabupaten Tanah Bumbu memiliki luas wilayah sebesar 5.066,96 km2 (506.696 Ha) atau 13,50 persen dari total luas Provinsi Kalimantan Selatan. Kecamatan Kusan Hulu merupakan kecamatan terluas yang mencakup 31,76 persen dari luas keseluruhan Kabupaten Tanah Bumbu, sedangkan Kecamatan Kuranji memiliki luas wilayah terkecil sebesar 110,42 Km2 atau hanya 2,18 persen dari wilayah sngsana, Batulicin, Karang Bintang dan Kuranji.

v Suku di kecamatan batulicin
Suku yang ada di kecamatan batu licin diantaranya adalah suku banjar, suku dayak bukit, suku bugis, suku mandar, dll. Penduduknya mayoritas melayu dan berbahasa melayu. Di kecamatan batu licin ini sudah banyak sekali suku pendatangnya, diantaranya suku jawa, suku bali, dll.

v Kebiasaan sehari-hari dn mata pencaharian di batulicin
Kebiasaan sehari-hari masyarakat di batu licin adalah bertenun untuk mengisi waktu luang mereka. Mata pencaharian masyarakat di kecamatan batulicin sebagian besar menjadi petani. Ada juga yang berkebun

Ø Rencana kerja

Pertama kali yang saya rasakan adalah kaget, karena dari data statistik banyak anak-anak sd yang belum bisa berbahasa indonesia dan matematika. Ada juga seseorang yang seharusnya sudah memasuki tingkat SMP, belum bisa mengenal huruf dan mengenal angka. Oleh karena itu,Pelajaran yang ingin saya ajarkan di SD yang berada di daerah batulicin adalah pelajaran bahasa indonesia. Bahas indonesia di daerah ini belum familiar. Masyarakat di batulicin juga ada yang belum mengenal huruf dan belum bisa membaca sama sekali.selain itu  Matematika juga sangat penting, karena banyak sekali anak-anak sd disana belum mengenal angka.
         
          Pertama-tama yang saya akan ajarkan adalah menegnali pada anak-anak huruf abjad. Setelah itu akan saya ajarkan membaca dan menulis huruf abjad agar mereka tidak lagi buta huruf. Bahasa indonesia merupakan bahasa yang mudah dipahami dan bahasa indonesia ini penting untuk menjalin komunikasi satu sama lain. Selain mengajar bahasa indonesia, saya juga akan mengajarkan mereka matematika. Di daerah batulicin ini masih banyak anak-anak yang belum sama sekali mengenal angka dan belum bisa menghitung. Oleh karena itu saya akan mengenalkan angka dengan perlahan agar mereka mengerti secara perlahan.
          Untuk menjelaskan pelajaran bahasa indonesia dan matematika tidaklah mudah,  Pertama saya akan mencoba berbaur dengan anak-anak, dari sini saya dapat melihat karakter anak-anak yang lainnya. Dan cara yang lain adalah saya akan mengajak mereka untuk belajar di luar kelas, agar mereka tidak terlalu stress dan mendapatkan suasana yang fresh dan nyaman. Setelah itu saya akan menyisipkan metode bernyanyi di beberapa kesempatan agar mereka tidak bosan dengan suasana.

Ø HARAPAN
  1.                 Untuk anak-anak didik


Saya berharap semoga ilmu yang saya ajarkan dapat bermanfaat., selain itu agar bahasa indonesia dan matematika bisa di terapkan dalam kehidupan sehari-hari karena kedepannya mereka akan sangat membutuhkan kedua hal ini dan dapat berbahasa indonesia dengan baik dan benar. Karena bahasa indonesia sangat penting sekali alam kehidupan sehari-hari.
2.                                
                             Untuk masyarakat sekitar
Saya harap, dengan adannya program ini, orang tua dapt lebih bijak dan mendukung anak-anaknya untuk mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya.
3.                                
           
 Untuk diri saya

Dari hal ini, pasti banyak sekali hal-hal positif. Oleh karena itu saya harus mengambil hikmahnya dan harus instropeksi diri untuk lebih baik, dan menyadarkan saya bahwa masih banyak anak di luar sana yang belum sama sekali mendapatkan pendidikan


Sumber : id.wikipedia.org
               tanahbumbukab.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar